Kamis, 12 Agustus 2010

baterai tenaga surya


Baterai adalah alat listrik-kimiawi yang menyimpan energi dan mengeluarkan tenaganya dalam bentuk listrik. Sebuah baterai biasanya terdiri dari tiga komponen penting, yaitu:
  1. batang karbon sebagai anoda (kutub positif baterai)
  2. seng (Zn) sebagai katoda (kutub negatif baterai)
  3. pasta sebagai elektrolit (penghantar)
Baterai yang biasa dijual (disposable/sekali pakai) mempunyai tegangan listrik 1,5 volt. Baterai ada yang berbentuk tabung atau kotak. Ada juga yang dinamakan rechargeable battery, yaitu baterai yang dapat diisi ulang, seperti yang biasa terdapat pada telepon genggam. Baterai sekali pakai disebut juga dengan baterai primer, sedangkan baterai isi ulang disebut dengan baterai sekunder.
Baik baterai primer maupun baterai sekunder, kedua-duanya bersifat merubah energi kimia menjadi energi listrik. Baterai primer hanya bisa dipakai sekali, karena menggunakan reaksi kimia yang bersifat tidak bisa dibalik (irreversible reaction). Sedangkan baterai sekunder dapat diisi ulang karena reaksi kimianya bersifat bisa dibalik (reversible reaction).

Salah satu sumber energi alternatif yang terus mengalami perkembangan adalah energi surya atau matahahari.Saat ini berbagai macam alat dari kalkulator sederhana sampai pesawat ruang angkasa memanfaatkan tenaga surya sebagai sumber energi.Energi matahari dapat langsung digunakan melalui panas matahari untuk memenaskan air atau melalui sel-sel photovoltaic yang dapat mengubah energi matahari  ke energi listrik.Pengubahan energi lain ke energi listrik dalam sel photovoltaic sama dengan fungsi sebuah baterai.
Bagaimana caranya arus listrik dihasilkan oleh sel photovoltaic?
Apakah bahan pembuatnya? Sel photovoltaic atau sel surya umumnya dibuat dari bahan semikonduktor,misalnya kristal silikon atau gallium arsen.pada saat kristal silikon disinari cahaya matahari ,elektron -elektron di permukaan kristal silikon akan terlepas dan berpindah dari permukaan lain(permukaan yang membelakagi matahari)dan dikumpulkan.kumpulan elektron tersebut kemudian digunakan sebagai arus listrik.
Penyimpangan energi listrik oleh sel photooltaictentu saja lebih baik dibandingkan baterai biasa.Sel ini dapat digunakan untuk waktu yang lama ,lebih efisien, tanpa polusi,tidak memiliki bagian yang bisa patah ,dan tidak memerlukan banyak perawatan.kelebihan yang menguntungkan inilahyang menyebabkan baterai tenaga surya yang banyak digunakan pada pesawat ruang angkasa .Sel photovoltaicjuga dapat ditemukan di atap rumah- rumah yang jauh dari sumber listrik dan gedung gedung tinggi untuk kebutuhan domestik dan bisnis

0 komentar:

Posting Komentar