Sabtu, 18 September 2010

Gempa Bumi

Gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya lapisan bumi sebagai akibat pergeseran lapisan kulit bumi. Gempa ada yang memiliki kekuatan besar dan ada yang memiliki kekuatan kecil. Pusat gempa disebut hiposentrum yang terdapat didalam bumi. Daerah di permukaan bumi yang dekat dengan pusat gempa,tegak lurus di atas hiposentrum sehingga seolah-olah dari sinilah sumber terjadinya gempa disebut episentrum. (cari gambar gempa didunia)
1) Jenis-jenis gempa
Berdasarkan sumber penyebabnya gempa terbagi atas 3 macam yaitu:

a) Gempa tektonik, yaitu gempa bumi yang disebabkan oleh tenaga tektonik, berupa pergeseran lapisan kulit bumi atau dislokasi dan paling berbahaya.

b) Gempa vulkanik, yaitu gempa yang terjadi karena adanya aktivitas gunung berapi, meliputi aktivitas pada waktu gunung berapi akan, sedang, dansesudah meletus. Dirasakan oleh penduduk disekitar gunung meletus saja.

c) Gempa runtuhan, yaitu gempa yang terjadi karena runtuhnya tanah.
Berdasarkan letak hiposentrum gempa dibedakan menjadi:
1) Gempa dangkal, letak hiposentrumnya berada kurang dari 10 kmdi bawah permukaan bumi.
2) Gempa menengah, letak hiposentrumnya antara 10-30 km dibawah permukaan bumi.
3) Gempa dalam, letak hiposentrumnya lebih dari 30 km dibawah permukaan bumi.
Berdasarkan letak episentrum, gempa dapat dibedakan menjadi:
a) Gempa laut, jika letak episentrumnya berada didasar laut. Gempa ini sangat berbahaya karena dapat menimbulkan gelombang pasang yang dinamakan Tsunami. Contohnya Tsunami di Aceh, dan Nias di Indonesia serta Jepang.

b) Gempa daratan, jika letak episentrum berada di daratan. Bila gempa ini sangat kuat akan merusak bangunan yang ad didaerah itu. Contohnya gempa yang terjadi di Peru dan Chili.

2) Pengukuran gempa
Kekuatan gempa dapat dipengaruhi oleh jarak episentrum dan amplitudo getaran. Alat pencatat getaran gempa bumi dinamakan Seismograf. Hasil catatan seismograf disebut Seismogram. Kita mengenal dua macam seismograf, yaitu seismograf horizontal dan vertikal. Seismograf hozintal untuk mencatat getaran gempa bumi arah mendatar ( utara-selatan dan timur-barat ), sedangkan seismograf vertikal untuk mencatat getaran gempa bumi arah tegak.
Skala ukuran kekuatan guncangan gempa bumi menggunakan skala MERCALLI dan RICHTER. Namun yang sering digunakan adalah skala RICHTER. Pada skala Richter besaran ( magnitudo ) guncangan gempa dinyatakan dengan skala logaritma berupa angka 1-9.

3) Akibat yang ditimbulkan gempa
Gempa bumi menimbulkan bencana, karena datangnya tiba-tiba, tidak dapat diperhitungkan lebih dahulu. Banyak akibat yang ditimbulkan gempa seperti kerusakan bangunan, jatuhnya korban jiwa, banjir dan juga Tsunami. Jadi kita harus selalu waspada dengan datangnya gempa.

1 komentar:

Jennifer Lawrence mengatakan...

Are you facing tangles and impediments because of unavailability to send Bitcoin in Hitbtc? You don’t have to worry as such big errors are diminutive in front of the team of customer care executives whose job is to fix the mistakes faced by the users. Dial Hitbtc customer support number 1-800-665-6722 which is always convenient and users can ping any time as per the necessity and importance. The team is always at your service.

Posting Komentar