Sabtu, 18 September 2010

Faktor-faktor penyebab terjadi perang dunia II

Perang dunia ke II ini dimulai pada saat pendudukan Jerman di Polandia pada tanggal 1 September 1939 dan berakhir pada tanggal 15 Agustus 1945 pada saat Jepang menyerah kepada tentara Amerika Serikat .

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PERANG DUNIA II
1. FAKTOR UMUM PERANG DUNIA II
a) Munculnya Negara- Negara Fasis.
Fasisme merupakan suatu paham yang mengutamakan kepentingan Negara di atas segala-galanya.politik ini berkemabang :
1) Fasis Italia
Fasis italia di pimpin oleh Benito Musolini.
Pada tahun 1919 Musolini mendirikan partai politik yang bernama Fascio di Combattimento di Kota Milan. Musolini ingin menjadikan italia pewaris Kejayaan Romawi.
2) Fasis Jerman
Fasis jerman di pimpin oleh Adolf Hitler
Ia mendirikan partai National Sozialistische Deuitsche Arbeiter Partei(NSDAP) yang lebih dikenal dengan nama NAZI pada tahun 1921. Ia pun membentuk tentara pribadi yang dinamakan Schutz Stafflen atau pasukan penjaga.
3) Fasis Jepang
Fasis Jepang yang dipimpin oleh kaisar Hirohito, jepang mulai tampil sebagai Negara industri yang maju.
b) Timbulnya pertentangan ideology tentang Negara.
Pertentangan ini antara paham liberalisme dan komunisme . liberalisme adalah paham yang melindungi hak dan kebebasan warga Negara yang mulai berkembang di Inggris,Perancis dan Amerika serikat. Komunisme dianut oleh Uni Soviet.

c) Perlombaan persenjataan antara Negara.
Setiap Negara berusaha mengembangkan persenjataan modern dengan alasan untuk pertahanan negaranya.
d) LBB Gagal mewujudkan tugas perdamaian dunia.
LBB(Liga Bangsa-Bangsa) dinilai tidak mampu mencegah dan memberi sanksi terhadap Negara Negara yang melakukan ekspansi kenegara lain.
e) Munculnya semangat balas dendam
Perjanjian Varsailess membebani Jerman dengan berbagai kewajiban yang tidak mungkin dilaksanakan. Hal itu menyebabkan timbulya rasa dendam dari kalangan bangsa Jerman, terutama ditujukan kepada inggris dan perancis.
f) Persekutuan mencari kawan.
Negara-negara yang memiliki paham yang sama berusaha menjalin persekutuan atau aliansi, maka Negara –negara mencari kawan sehingga muncullah 2 blok besar.
g) Terjadinya penyerbuan penyerbuan .
Penyerangan itu antara lain sebagai berikut:
a) Jepang menyerbu Cina pada tahun 1937
b) Jerman menyerbu Polandia pada tanggal 1 september 1939
c) Jepang menyerbu secara mendadak pangkalan armada AS di Pearl Harbour pada 7 september 1941
d) Adanya serangan-serangan dan penyataan perang lainnya sehinnga perang menjadi semakin luas sampai akhirnya disebut perang Dunia II.
h) Timbulnya imperalisme baru
Beberapa Negara yang telah berhasil mengatasi krisis politik dan ekonominya. Negara itu adalah jepang, italia, dan jerman.

2. Faktor khusus Perang Dunia II

1) Serbuan jerman ke Polandia pada 1 September 1939 merupakan penyebab terjadinya Perang Dunia II di Eropa. Serangan tersebut dilakukan dengan dalih mengembalikan kota Danzing di Polandia yang sebagian besar penduduknya berbangsa Jepang.

2) Serbuan Jepang atas pangkalan armada laut Amerika Serikat di Pearl Harbour pada tanggal 7 September 1941 menyebabkan pecahnya perang dunia II Asia-Pasifik. Serangan ini dilakukan sesuai dengan rencana Jepang untuk memperoleh kemenagan dan kekuasaan di Asia Timur Raya.

0 komentar:

Posting Komentar