Sabtu, 18 September 2010

Hewan

            kingdom animalia adalah kelompok hewan bersel banyak (metazoa) yang sel tidak berdinding dan tidak berklorofil. Termasuk dalam animalia adalah filum Porifera, Ctenophora, Cnidari, Platyhelminthes, Nematoda, Annelida, Arthopoda, Echinodermata, Mollusca, dan Chordata.
             Porifera dalah hewan dengan tubuh berpori-pori serta mempunyai bentuk tubuh dan spikula yang beraneka ragam. Porifera yang berhabitat di perairan, dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Calcarea, Hexatinellida, dan Demospongia.
             Coelenterata adalah kelompok hewan berongga, dalam daur hidupnya dapat hidup sebagai polip atau medusa. Coelenterate terdiri atas dua filum, yaitu Ctenophora dan Cnidaria. Ctenophora memiliki mulut dan dua lubang anus, tidak memiliki sel penyengat. Cnidaria hanya memiliki satu lubang yang berfungsi sebagai mulut dan anus dan juga memiliki sel penyengat. Cnidaria membentuk karang pantai, karang sawah, dan atol. Cnidaria dibedakan menjad tiga kelas, yaitu Hydrozoa, Scyphozoa, dan Anthozoa.
              Platyhelminthes (cacing pipih) mempunyai bentuk tubuh pipih, tidak memiliki rongga tubuh dan alat pencernaannya tidak sempurna. Pada umumnya, cacing pipih hidup sebagai parasit, tetapi juga hidup bebas diperairan. Platyhelminthes dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Tubellaria, Trematoda, dan Cestoda.
Nematoda (cacing gilik) mempunyai tubuh berbentuk silindrisdan tidak beruas-ruas. Hewan ini memiliki system pencernaan yang sempurna dan hidup bebas.
              Annelida disebut juga cacing gelang. Ciri hewan ini adalah tubuh panjang, beruas-ruas, dan mempunyai alat pencernaan yang sempurna. Annelida dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Polychaeta, Oligochaeta, dan Hirudenia.
              Mollusca (hewan lunak) memiliki mantel yang dapat membentuk cangkang. Mollusca dibagi menjadi lima kelas, yaitu Polyplacophora, Scapopoda, Grastropoda, Pelecypoda dan Cephalopoda.
Arthopoda adalah hewan dengan berciri-ciri khusus yaitu kaki yang beruas-ruas. Tubuhnya memiliki kerangka luar yang keras dan kaku, terbuat dari kritin. Hewan ini hidup didarat, laut, dan uadara baik hidup bebas maupun parasit. Arthopoda dibagi menjadi empat subfilum yaitu , Crustacea, Chelicerata, Myriapoda dan Hexapoda(kelas insecta).
             Echinodermata disebut juga hewan berkulit duri. Tubuhnya tidak bersegmen-segmen tetapi berduri. Hewan ini hidup dilaut. Echinodermata dibedakan menjadi lima kelas , yaitu Asteroidea, Ophiuroidea, Echinoidea, Crinoidea, dan Holothuroidea.
Chordata bertubuh simetris bilateral, memiliki kerangka sumbu tubuh, system saraf pusat dan memiliki insang yang berhubungan dengan faring. Salah satu subfilum Chordata adalah Vertebrata (hewan bertulang belakang) yang dibagi menjadi lima kelas, yaitu Pisces, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mamalia. (RIDHO)

0 komentar:

Posting Komentar